Langsung ke konten utama

resume materi pengenalan lingkungan kampus fkk

RESUME MATERI 1 "MENGENALI /PENGENALAN LINGKUNGAN KAMPUS FKK"

Siti Nur Jannah S, kep, NS,. M, Kep.

Fakultas Keperawatan dan Kebidanan


Lokasi : UNUSA Kampus A Jl. Smea no. 57, Wonokromo, Surabaya                                                                           

Fakultas Keperawatan dan Kebidanan yang terdiri dari: 5 prodi yaitu prodi S2 Terapan Keperawatan, S1 Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners, S1 Kebidanan, D3 Kebidanan, D3 Keperawatan. Insya Allah, Semoga dengan kehadiran Website sebagai salah satu upaya memberikan informasi kepada masyarakat agar Fakultas Keperawatan dan Kebidanan dapat lebih di kenal di kalangan yang lebih luas.

Fakultas Kesehatan Universitas NU Surabaya terus berusaha mengembangkan serta meningkatkan peran sertanya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, melalui peningkatan mutu pendidikan dengan menambah sarana dan prasarana pembelajaran, pengembangan teknologi informasi pendidikan serta peningkatan kompetensi staf pendidik dan kependidikan.         

Visi

“Menjadi lembaga pendidikan keperawatan dan kebidanan yang terkemuka, unggul, profesional dalam Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS), berjiwa wirausaha serta berjati diri Islami”.

Misi

    Misi Fakultas Keperawatan Dan Kebidanan Untuk mencapai visi tersebut, maka misi Fakultas Keperawatan & Kebidanan adalah:

1.     Melaksanakan pendidikan keperawatan dan kebidanan yang kompetitif, berpikir analitis, kritis dan inovatif.

2.     Melaksanakan penelitian dibidang keperawatan dan kebidanan melalui pemberdayaan Sivitas Akademika dan Mitra Kerja untuk mendapatkan inovasi dan keuntungan yang bermanfaat bagi IPTEKS.

3.     Melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat di bidang keperawatan dan kebidanan melalui pemberdayaan Sivitas Akademika dan Mitra Kerja untuk mendapatkan inovasi dan keuntungan yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

4.     Melaksanakan manajemen yang profesional dalam mengelola Fakultas yang berjati diri Islami.

5.     kembangkan budaya ahlus Sunnah Waljama’ah An-Nahdiyah dalam kehidupan Masyarakat

Tujuan

Tujuan Fakultas Keperawatan Dan Kebidanan

  1. Menghasilkan lulusan perawat dan bidan yang memiliki kemampuan intelektual, profesional, berwawasan kewirausahaan, dan berjati diri Islami.
  2. Menghasilkan pemikiran yang memperkokoh perkembangan moral, etika, dan kesadaran sosial yang tinggi terhadap bangsa Indonesia.
  3. Memberdayakan masyarakat melalui pemikiran konseptual, penyelesaian, dan penanggulangan masalah yang ada di masyarakat.
  4. Mengembangkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan inovatif, edukatif, dan inisiatif dalam meningkatkan potensi yang dimiliki.
  5. Mewujudkan Fakultas dengan organisasi dan tata kelola yang profesional, bermutu, serta berjati diri Islami.

Keunggulan FKK                                                                        

·       Keperawatan dan kebidanan komplementer

·       Keperawatan komunitas

Magister Terapan Keperawatan

Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya menyelenggarakan Program Studi Magister Keperawatan terapan   Pembukaan program studi Magister Keperawatan Terapan  ini untuk merespon kebutuhan tenaga perawat pasca sarjana baik sebagai tenaga pendidik maupun pelayanan di berbagai instansi perawatan maupun kedinasan. Saat ini masih ada 31.000 dosen yang belum memiliki pendidikan magister atau magister terapan (Suwignjo, 2016).  Operasional program studi magister keperawatan terapan FKK UNUSA ini akan dimulai September 2016. Adapun Visi dan misi program magister keperawatan terapan UNUSA mencerminkan standar keunggulan cita-cita dengan mengemban nilai dasar Universitas Nahdlatul Ulama adalah: (1) nilai-nilai agama, (2) etika luhur akademik dan profesi, (3) kritis, mandiri, dan terhormat, (4) karsa dan karya yang inovatif, serta (5) komitmen yang kuat terhadap aspirasi kemanusiaan dan kebenaran.

S1 Keperawatan

Prodi S1 Keperawatan dan Ners merupakan program studi yang bertujuan menghasilkan sarjana keperawatan dan ners yang mampu menyelesaikan masalah secara komperehensif, mampu berfikir kritis dan terbuka serta mampu bekerja secara tim dan mampu berkomunikasi secara efektif.

S1 Kebidanan

Program studi yang memfasilitasi siswi lulusan SMA/MA/SMK untuk menempuh pendidikan ke jenjang lebih tinggidi bidang kesehatan yang secara khusus mempelajari tentang kesehatan Ibu dan Anak. Secara normatif ditempuh selama 4 tahun dan dilanjutkan dengan pendidikan profesi selama 1 – 1,5 tahun. Mendapatkan gelar Sarjana Bidan (S.Keb) dan Profesi Bidan (Bd) yang merupakan salah satu syarat untuk dapat melakukan asuhan kebidanan di fasilitas kesehatan maupun Praktek Mandiri Bidan (PMB).

 Pendidikan Profesi Ners

Prodi S1 Keperawatan dan Ners merupakan program studi yang bertujuan menghasilkan sarjana keperawatan dan ners yang mampu menyelesaikan masalah secara komperehensif, mampu berfikir kritis dan terbuka serta mampu bekerja secara tim dan mampu berkomunikasi secara efektif.

Pendidikan Profesi Bidan

Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya merupakan institusi pendidikan tenaga kesehatan di bawah naungan Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya yang juga memiliki 2 rumah sakit. Program Studi Pendidikan Profesi Bidan sudah terakreditasi LamPTkes Baik sesuai dengan SK:0016/LAM-PTKes/Akr/Pro/I/2022 berlaku selama 5 tahun

D3 Kebidanan 

Program Studi Kebidanan Diploma Tiga ( D-III ) Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya merupakan institusi pendidikan tenaga kesehatan, di bawah naungan Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya yang juga memiliki 2 rumah Sakit. Prodi D III Bidan ini merupakan konversi dari Akademi Kebidanan RSI Surabaya yang berdiri sejak tahun 1998 Nomer Izin Operasional/Perpanjangan : 265/E/O/2013 pada bulan Juli 2013 berlaku sampai dengan 5 tahun. Program Studi Kebidanan Diploma Tiga ( D-III ) Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya sudah terakriditasi BAN-PT dengan Strata “ A “ sesuai dengan SK:0640/LAM-PTKes/Akr-Dip/XUI/Tahun 2020VMasa Berlaku : 5 tahun.

 

RESUME MATERI 2 ETIKA BERKOMUNIKASI DAN BERMEDIA SOSIAL

Nety Mawardahhatmanti S,Kep,Ns,Kep.

Peran mahasiswa dalam beretika terhadap dosen pada saat proses belajar mengajar deprogram studi

Bedanya Nilai Etika Dan Budaya

Budaya: norma yang dianggap benar

Etika: tatakrama

Budaya Kampus

Budaya kampus,budaya akademik,budaya intelek,budaya kritis,budaya inofatif ,budaya teknologi,budaya bersih.

Budayakan 5 S

Senyum, salam, sapa, sopan, dan santun.

 Etika Bertamu Dengan Crivitas Akademika

  1.  Berpenampilan sopan
  2. Sampaikan salam ketuk pintu
  3. Menggunakan bahasa sopan
  4. Perkenalan diri dan status diri
  5. Sampaikan terimakasih
  6. Jelaskan keperluan secara ringkas
  7. Perhatikan waktu dan kondisi
  8. Gunakan kata ganti saya

Etika Menggunakan Sosial Media

1.     Menggunakan Bahasa yang sopan

2.     Share hal yang bermanfaat dan minimalkan konflik

3.     Mengapload data diri

4.     kontrol pengguna sosmed

Bentuk Plagiarisme

1.     Tidak boleh copy paste

2.     Plagairisme parapase

3.     Plagiarisme sekunder

4.     Plagiarisme stuktok

5.     Plagiarisme ide

6.     Plagiarisme authorship


MATERI 3 PENGENALAN ORGANISASI PFOFESI PPNI (PERAWAT PERSATUAN INDONESIA)

Prof.Dr,Nur Huda s,Kep,.Ns,M,Kep,Sp,Kp,MB.

PPNI

Organisasi ini lahir berdasarkan serangkaian perundingan beberapa tokoh perawat dari berbagai organisasi keperawatan sendiri. PPNI disahkan pada tanggal 17 maret 1974.

KEPENGURUSAN PPNI

1 Pengurus pusat

32 pengurus pusat propinsi

358 pengurus pusat kabupaten/kota

PPNI,2003 menjadi anggota ICN (international council of nurse) Yang 125.

Anggotanya adalah praktisi dan pendidik yang menetapkan diri mereka sebagai profesi dan bergabung sama untuk melaksanakan fungsi sosial yang tidak dapat mereka laksanakan dalam kapasitas mereka sebagai individu.

ANGGOTA PPNI

  1. pembina
  2. pemersatu
  3. pengembang
  4. pengawas

VISI & MISI PPNI

VISI: 

    PPNI sebagai organisasi profesi yang disayangi anggota dicintai pemerintah dan diperhitungkan organisasi lainnya.

 MISI: 

  1. Penguatan Kepengurusan Pada Setiap Level Dan Badan Nkelengkapan
  2. Mengupayakan Dan Mengutamakan Kepentingan Anggota Dalam Pelaksanaan Praktik Yang Aman,Profesional,Dan Bermartabat Selayaknya Profesi
  3. Membangun Jejaring Yang Luas Dan Efektik Dalam Melaksankan Peran.
  4.  Bekerjasama Dan Berkoordinasi Dengan Pemerintah Dalam Kebijakan Keperawatan.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indonesia emas

 materi 3 Diah satyani sumarsih,msc. Mewujudkan indonesia emas Eequality:bantuan yang sesuai dengan kebutuhan Equality /kesetaraan:diberikan bantuan yang setara  " PERINSIP YANG TIDAK BISA DIHILANGKAN" 1.saling mempunyai koneksi dan relasi 2.berhubungan dengan bumi KETENTUAN NEGARA 1.one billion:more people benerfiling form 2.gugus pulau yang tidak bisa diakses

PROSES PELAYANAN KESEHATAN

  PROSES PELAYANAN KESEHATAN Penularan dan penyebaran virus corona antar manusia sangatlah cepat, termasuk penyebaran di Indonesia. Pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk menekan penyebaran virus ini. COVID-19 disebabkan oleh SARS-CoV-2, yaitu kelompok virus corona yang menginfeksi sistem pernapasan. Cara pencegahan yang terbaik dengan menghindari faktor-faktor yang bisa menyebabkan terinfeksi virus corona. Pemeriksaan kesehatan rutin merupakan layanan kesehatan guna pencegahan klinis yang biasanya diberikan dokter ke pasien. Tujuan utama dari Medical Check Up adalah untuk menyaring orang-orang yang berisiko memiliki permasalahan kesehatan. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di kota Surabaya. UNUSA memiliki pegawai yang memiliki risiko permasalahan kesehatan karena sering mengalami paparan zat yang mengganggu kesehatan. Selain itu kelompok pegawai ini merupakan kelompok ya

Tugas essay minimal 500 kata tentang Epinephrine

Epinephrine Pengertian Epinephrine Epinephrine atau adrenalin adalah obat untuk mengatasi syok anafilaktik akibat reaksi alergi berat. Syokanafilaktik yang tidak mendapatkan penanganan yang tepat akan sangat membahayakan nyawa. Selainitu, epinephrine juga digunakan pada tindakan resusitasi jantung paru (RJP). Cara kerja Epinephrine Epinephrine bekerja dengan cara melemaskan otot-otot saluran pernapasan dan meningkatkan ketegangan pada pembuluh darah. Obat ini bekerja dengan cepat untuk memicu kerja jantung, meningkatkan tekanan darah, melegakan pernapasan, meredakan ruam, dan mengurangi pembengkakan di wajah, bibir, dan tenggorokan. Peringatan Sebelum Menggunakan Epinephrine Epinephrine hanya dapat diberikan oleh dokter di rumah sakit. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan obat ini, antara lain: Beri tahu dokter tentang riwayat alergi yang Anda miliki. Epinephrine tidak boleh diberikankepada pasien yang alergi terhadap obat ini. Epinephr